Personal Experience : Meet and Greet Mr.President


Siapa yang tidak mengetahui mengenai kunjungan orang nomor 1 di Amerika Serikat beberapa waktu yang lalu ke Indonesia. Ya, merupakan suatu kunjungan yang memorable dan mungkin akan menjadi suatu titik terang bagi hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Pengalaman bertemu Obama ini saya dapatkan, ketika di suatu pagi saya dengan tidak sengaja mengikuti kuis yang diadakan oleh US Embassy Jakarta. Dan memang sebuah kebetulan dan keberuntungan untuk bisa memenangkan kuis tersebut yang berhadiah tiket untuk menghadiri acara Public Speech Presiden Obama di Kampus Universitas Indonesia.

Dimulai dengan berkumpul di Parkir Timur Senayan pada pukul 5 pagi untuk bersama-sama dengan rombongan lainnya berangkat menuju UI dengan sebuah bus besar berkapasitas sekitar 50 orang. Dan rombongan bus dari US Embassy ini ada sekitar 28 bus yang di dalamnya berisi perwakilan dari berbagai pihak, seperti peserta SUSI 2011, alumni SD Menteng, dan rekan-rekan analis dan simpatisan lainnya yang mendapat undangan resmi dari US Embassy.

Sesampainya di UI, tepat pada pukul 07.30am, keberuntungan kembali menemui saya di sana, karena saya berada dalam bus bernomor 2, maka saya dan rekan lainnya di dalam bus itu sampai di UI sebagai gelombang pertama. Dan ya, kursi-kursi masih kosong dan hanya ada sekumpulan US Secret Services di dalamnya. Kami pun mengisi urutan bangku paling depan, hanya berjarak sekitar 10m dari podium yang akan digunakan Obama untuk menyampaikan pidato bersejarahnya.

Menunggu selama sekitar 2 jam, saya isi dengan foto-foto, and yes another my luck, banyak tokoh-tokoh penting dan high-profile peoples yang hadir di sana, persis berada di tempat duduk 4 baris di belakang saya. Dengan menggunakan kamera Sony Alpha Nex-3 yang saya bawa, tentu saja saya tidak melewatkan kesempatan tersebut. Tokoh-tokoh yang hadir diantaranya adalah : Bara Hasibuan, Wimar Witoelar, B.J.Habibie, Hassan Wirajuda, Marty Natalegawa, O.C.Kaligis, Dino Pati Djalal, Desi Anwar, Din Syamsudin, dan lain sebagainya.

Setelah 2 jam menunggu, akhirnya sorak-sorai bergemuruh di dalam Balairung Universitas Indonesia. Ya, Mr.President telah datang dan langsung menyapa kami semua yang ada di sana. “Selamat pagi, thank you. Hallo Indonesia !” dan ia pun menyampaikan pidatonya kepada sekitar 8000 orang yang hadir di sana.

Beberapa point yang saya tangkap dari isi pidato Obama adalah :

1. AS memandang Indonesia sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, dengan berpenduduk 238 juta jiwa dan mayoritas beragama Muslim, suatu fenomena menarik bagi AS dimana Islam mampu berkembang dan tumbuh berdampingan dalam tatanan politik demokrasi.

2. Indonesia sebagai contoh bagi dunia, memandang kemajemukan Bhineka Tunggal Ika, sama seperti AS yang terdiri atas berbagai suku, agama dan ras. Toleransi merupakan nilai terpenting dalam membangun sebuah negara majemuk.

3. Indonesia sebagai negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia, mampu membawa sistem politik demokrasi ke dalam level advance dimana hal ini tidak dimiliki negara lainnya. Hal ini tentu saja menjadikan Indonesia sebagai mitra AS yang baik dalam upayanya menjalin hubungan baik dengan Dunia Muslim.

Lalu saya pun memandang beberapa poin penting dalam kunjungan Presiden AS kali ini ke Indonesia :

– Pertama adalah bahwa Indonesia merupakan aktor kunci dalam ASEAN, dimana ASEAN merupakan salah satu mitra dagang terbesar AS di kawasan Asia-Pasifik. AS dan ASEAN telah memiliki hubungan baik dalam isu ekonomi, politik maupun strategis, sehingga sebagai aktor kunci, Indonesia diharapkan mampu mempengaruhi politik di dalam ASEAN.

– Kedua adalah Indonesia sebagai negara berpenduduk mayoritas Muslim dan demokrasi, dianggap sebagai aktor penting dalam upaya AS dalam Global War on Terrorism di kawasan Asia-Pasifik. Mengingat bahwa saat ini telah dibukanya kembali kemitraan dan kerjasama pelatihan kepada Kopassus dan Kepolisian RI, maka diharapkan Indonesia mampu berperan lebih aktif dalam menangani isu terorisme domestik dan regional. Lalu juga hal ini tentu saja akan menambah citra positif bagi AS dalam upayanya membangun hubungan baik dengan Dunia Muslim yang mampu direpresentasikan melalui Indonesia.

– Ketiga adalah AS menganggap perlu nya upaya mempertahankan dan meningkatkan pengaruh AS di kawasan Asia Tenggara. Hal ini tentunya berkaitan dengan semakin tingginya pengaruh aktor kuat lainnya seperti China di kawasan Asia Tenggara. Sejak dibukanya ACFTA, volume perdagangan antara China dan ASEAN meningkat, hal ini tentu saja bisa dianggap sebagai ancaman bagi kerjasama perdagangan Amerika Serikat dan ASEAN.

* poin-poin ini juga saya sampaikan dalam sebuah interview seusai acara dengan salah satu wartawan dari USINDO.org yang pada saat itu juga diundang hadir ke dalam acara.

Selain itu, adapula isu beredar mengenai rencana pemberian hibah AS kepada Indonesia berupa 24 pesawat tempur F-16. Namun hal ini masih dalam tahap perundingan.

Lalu juga apa yang didapatkan oleh Indonesia dari kunjungan Obama ini ? AS memberi bantuan dana kepada Indonesia senilai sekitar 700 juta US$, berbeda jauh dengan besaran nilai investasi tambahan AS kepada India, negara yang sebelumnya dikunjungi, sebesar 10 Milyar US$.

Memang ada beberapa pandangan mengenai posisi Indonesia bagi AS. Ada yang berpendapat bahwa Indonesia bukan lah aktor penting bagi politik global AS, ada juga yang berkata sebaliknya.

Namun apapun yang terjadi, kita tetap optimis, bahwa Indonesia kelak akan menjadi aktor yang dapat diperhitungkan. Memiliki hubungan baik dengan pihak manapun dan tetap berpegang teguh pada prinsip Politik Bebas-Aktif. Karena bangsa ini adalah bangsa yang mandiri, mampu menentukan arah hidupnya tanpa dipengaruhi oleh pihak lain.

Salam, Eduardus (Eduard).

*berikut adalah beberapa foto yang saya ambil pada saat acara berlangsung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s